ABSTRAK
MUKAROMAH : Pengaruh
Kompetensi Pedagogik Guru
terhadap Minat Belajar Siswa
di Madrasah Aliyah
Negeri Kecamatan
Cabangbungin Kabupaten
Bekasi
Skripsi ini
tentang Pengaruh Kompetensi
Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar Siswa
di Madrasah Aliyah
Negeri Kecamatan Cabangbungin
Kabupaten Bekasi. Penelitian ini dilatarbelakangi
rendahnya minat belajar peserta didik di
MAN Cabangbungin Kabupaten Bekasi, bahwa
dalam kenyataannya masih ada
peserta didik yang tidak
berminat belajar, tetapi
kompetensi pedagogik guru sangat baik.
Berdasarkan latar belakang diatas,
penulis dapat merumuskan beberapa pokok permasalahan yaitu bagaimana kompetensi
pedagogik guru di MAN Cabangbungin Kabupaten Bekasi, bagaimana minat belajar
siswa di MAN Cabangbungin Kabupaten Bekasi dan bagaimana kompetensi pedagogik
guru terhadap minat belajar siswa di MAN Cabangbungin Kabupaten Bekasi.
Adapun teori menurut E.Mulyasa bahwa
kompetensi pedagogik guru mempunyai beberarap kategori seperti mengelola
pembelajaran, pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemnfaatan teknologi
pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik sedangkan
minat menurut Rebber adalah mencakup pemusatan perhatian, keingintahuan,
motivasi dan kebutuhan.
Metode penelitian ini
adalah penelitian deskriptif
yaitu penelitian yang
bertujuan menggambarkan keadaan
yang sebenarnya. Untuk
memperoleh data yang
objektif, maka digunakan
bentuk penelitian yaitu
penelitian lapangan yakni
untuk memperoleh data-data
dilapangan, dengan cara mendatangi sekolah yang
akan diteliti. Subjek penelitian
ini adalah pendidik
dan peserta didik
di MAN Cabangbungin Kabupaten Bekasi dengan
populasi 217 peserta
didik sedangkan sample
yang diambil 27
orang. Instrumen penelitian
yang digunakan untuk
memperoleh data adalah
dengan menggunakan angket (kuesioner) dalam
bentuk pernyataan dan pendekatan
statistiknya menggunakan pendekatan kuantitatif.
Pengelolaan data
dilakukan dengan analisis
korelasi rank oreder alasan
mengambil analisis korelasi
rank oreder karena
setelah di uji
normalitas data yang di
peroleh tidak normal dan variabel yang
diteliti dalam penelitian
ini adalah kompetensi
pedagogik guru (X) dan
minat belajar siswa
(Y). Berdasarkan teknik analisis
persentase pada variabel
X di peroleh
hasil 88,59% dengan
kategori sangat kuat
dan variabel Y
diperoleh 78,33 % dengan
kotegori kuat dan Ph=
0,439 dengan taraf
signifikan 0,05 dan
N=27 menghasilkan Pt= 0,392 maka
dapat disimpulkan bahwa
Ha diterima, karena
Phitung > Ptabel artinya benar
ada korelasi yang
positif antara kompetensi
pedagogik guru terhadap
minat belajar siswa. Jadi
semakin tinggi variabel
X (kompetensi pedagogik
guru) maka semakin tinggi variabel
Y (minat belajar siswa). Dan
berdasarkan kontribusi antar variabel X terhadap Y, dapat disimpulkan
bahwa Kompetensi Pedagogik Guru (variabel X) memberikan pengaruh sebesar
19.2721% terhadap Minat Belajar Siswa(variabel Y) dan dapat ditarik
kesimpulan pula terdapat 80,7279% dari faktor lain yang dapat mempengaruhi
Minat Belajar Siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar