Sabtu, 07 Februari 2015

contoh Abstrak STAI Miftahul Huda Subang

ABSTRAK
MUKAROMAH       : Pengaruh  Kompetensi  Pedagogik  Guru  terhadap Minat  Belajar                      Siswa  di  Madrasah  Aliyah  Negeri  Kecamatan Cabangbungin                                                Kabupaten  Bekasi

            Skripsi  ini  tentang  Pengaruh  Kompetensi  Pedagogik  Guru  terhadap Minat Belajar  Siswa  di  Madrasah  Aliyah  Negeri  Kecamatan Cabangbungin Kabupaten  Bekasi. Penelitian  ini  dilatarbelakangi rendahnya minat  belajar peserta didik di MAN Cabangbungin Kabupaten Bekasi, bahwa  dalam kenyataannya  masih  ada  peserta didik  yang  tidak  berminat  belajar, tetapi kompetensi pedagogik guru sangat  baik.
            Berdasarkan latar belakang diatas, penulis dapat merumuskan beberapa pokok permasalahan yaitu bagaimana kompetensi pedagogik guru di MAN Cabangbungin Kabupaten Bekasi, bagaimana minat belajar siswa di MAN Cabangbungin Kabupaten Bekasi dan bagaimana kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa di MAN Cabangbungin Kabupaten Bekasi.
            Adapun teori menurut E.Mulyasa bahwa kompetensi pedagogik guru mempunyai beberarap kategori seperti mengelola pembelajaran, pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemnfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik sedangkan minat menurut Rebber adalah mencakup pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi dan kebutuhan.
            Metode penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif  yaitu  penelitian  yang  bertujuan  menggambarkan  keadaan  yang  sebenarnya.  Untuk  memperoleh  data  yang  objektif,  maka  digunakan  bentuk  penelitian  yaitu  penelitian  lapangan  yakni  untuk  memperoleh  data-data  dilapangan, dengan  cara  mendatangi sekolah  yang  akan  diteliti. Subjek  penelitian  ini  adalah  pendidik  dan  peserta  didik  di  MAN  Cabangbungin Kabupaten Bekasi  dengan  populasi  217   peserta  didik  sedangkan  sample  yang  diambil  27  orang.  Instrumen  penelitian  yang  digunakan  untuk  memperoleh  data  adalah  dengan  menggunakan  angket (kuesioner)  dalam  bentuk  pernyataan dan pendekatan statistiknya menggunakan pendekatan kuantitatif.

            Pengelolaan  data  dilakukan  dengan  analisis  korelasi  rank  oreder alasan  mengambil  analisis  korelasi  rank  oreder  karena  setelah  di  uji  normalitas  data yang  di  peroleh  tidak  normal dan variabel  yang  diteliti  dalam  penelitian  ini  adalah  kompetensi  pedagogik  guru (X)  dan  minat  belajar  siswa  (Y). Berdasarkan  teknik  analisis  persentase  pada  variabel  X  di  peroleh  hasil  88,59%  dengan  kategori  sangat  kuat  dan  variabel  Y  diperoleh  78,33 %  dengan  kotegori  kuat  dan  Ph= 0,439  dengan  taraf   signifikan  0,05  dan  N=27   menghasilkan  Pt= 0,392  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  Ha  diterima,  karena  Phitung  >  Ptabel artinya  benar  ada  korelasi  yang  positif  antara  kompetensi  pedagogik  guru  terhadap  minat  belajar  siswa. Jadi  semakin  tinggi  variabel  X  (kompetensi  pedagogik  guru) maka semakin  tinggi  variabel  Y (minat  belajar  siswa). Dan  berdasarkan kontribusi antar variabel X terhadap Y, dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Pedagogik Guru (variabel X) memberikan pengaruh sebesar 19.2721% terhadap Minat Belajar Siswa(variabel Y) dan dapat ditarik kesimpulan pula terdapat 80,7279% dari faktor lain yang dapat mempengaruhi Minat Belajar Siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar