Senin, 09 Februari 2015

contoh Bab I skripsi STAI Miftahul Huda Subang

                                                         BAB  I                                                              
PENDAHULUAN

A.    Latar  Belakang  Masalah  
           
Pendidikan  bagi   kehidupan  umat  manusia  merupakan  kebutuhan  mutlak yang  harus  dipenuhi  sepanjang   hayat.  Tanpa   pendidikan   sama   sekali  mustahil  suatu  kelompok  manusia  dapat   hidup  berkembang   sejalan  dengan   aspirasi        (cita-cita)  untuk  maju,  sejahtera  dan  bahagia  menurut   konsep   pandangan   hidup  mereka.
Pendidikanpun  merupakan  cita-cita  17  Agustus  1945  yang  temaktup  dalam  sila  kelima  dalam  pancasila yaitu  “keadilan  sosial  bagi  rakyat  indonesia”  artinya  jika  dikaitkan  dengan  pendidikan  bahwa  keadilan  pendidikan  harus  merata  bagi  seluruh  rakyat  indonesia.  Maka  dari  itu  dibuatlah  Undang-undang  Sisdiknas  No  20  tahun  2003  yang  salah  satu  babnya  membahas tentag hak  dan  kewajiban  warga  negara,  orang  tua, masyarakat  dan  pemerintah.
Pendidikan  bagi bangsa  yang  sedang   berkembang   seperti  bangsa Indonesia  saat   ini  merupakan  kebutuhan  mutlak  yang  harus  dikembangkan  sejalan  dengan  tuntutan  pembangunan  secara  tahap demi  tahap.
Bila   melihat   pengertian   pendidikan  dari  segi  bahasa,  maka  jika  kita  melihat   kepada  bahasa   arab  maka  kata  Arabnya  adalah “Tarbiyah”.  Dan   jika  kita   melihat  dari  pengertian  istilah,   pengertian  pendidikan  seperti   yang  lazim  dipahami  sekarang  belum   terdapat  di  zaman  Nabi.  Tetapi  usaha  dan  kegiatan  yang  dilakukan  oleh   Nabi  dalam  menyampaikan  seruan  agama  dengan  berdakwah,  menyampaikan  ajaran,  memberi  contoh,  melatih  keterampilan  tersebut,  memberi motivasi   dan   menciptakan   lingkungan   sosial  yang   mendukung   pelaksanaan   ide  pembentukan   pribadi  muslim itu,  telah   mencakup  arti  pendidikan  dalam   pengertian  sekarang.  Menurut  Undang-Undang  No.20  Tahun  2003  (Sisdiknas, pasal  3)  pendidikan  nasional  berfungsi mengembangkan  kemampuan  dan  membentuk  watak  serta  peradaban  bangsa yang  bermartabat  dalam  rangka  mencerdaskan  kehidupan  bangsa, bertujuan  untuk  berkembangnya  potensi  peserta  didik  agar  menjadi  manusia  yang  beriman  dan  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan  menjadi  warga  negara  yang  demokratis  serta  bertanggung  jawab
Sekian  banyak  komponen  pendidikan  salah  satunya  adalah  guru (pendidik)  merupakan  komponen  pendidikan  terpenting,  terutama  dalam  mengatasi  berbagai  masalah  pendidikan.  Dalam  kaitan  ini  Mochtar  Buchori  dalam buku Faturahman (2012:161) mengatakan bahwa  yang  akan dapat  memperbaiki  situsi  pendidikan  pada  akhirnya  dari  guru  (pendidik)  yang  sehari-hari  bekerja  dilapangan.
Guru  adalah  pendidik  profesional,  karenanya  secara  implisit  ia  telah  merelakan  dirinya  menerima  dan  memikul  sebagian   tanggung   jawab  pendidikan  yang  terpikul  dipundak  orang  tua.   Mereka  ini,  tatkala  menyerahkan  anaknya  ke sekolah,  sekaligus  melimpahkan  sebagian  tanggung  jawab  pendidikan  kepada  guru.  Hal  itupun  menunjukan  pula  bahwa  orang  tua  tidak mungkin  menyerahkan  anaknya  kepada  sembarangan  guru  atau  sekolah  karena  tidak  sembarangan  orang  dapat  menjadi  guru.
Untuk  menjadi  guru  profesional  harus  mempunyai  beberapa kompetensi  yang  salah  satunya  adalah  kompetensi  pedagogik.
            Kompetensi  pedagogik  itu  sendiri  menurut (E. Mulyasa, 2011:75)
“kemampuan  mengelola  pembelajaran  peserta  didik, yang meliputi pemahaman terhadap  peserta  didik, perencanaan  dan        pelaksanaan     pembelajaran, evaluasi  hasil belajar,  dan  pengmbangan  peserta  didik              untuk  mengaktualisasikan  berbagai  potensi  yang  dimilikinya”.

Kondisi  belajar-mengajar  yang  efektif  adalah  adanya  minat  dan  perhatian  siswa  dalam  belajar.  Minat  merpakan  suatu  sifat  yang  relatif    mantap  pada  diri  seseorang.  Minat  ini  besar  sekali  pengaruhnya  terhadap  belajar  sebab  minat  seseorang  akan  melakukan  sesuatu  yang  diminatinya.              Sebaliknya,  tanpa  minat   seseorang  tidak  mungkin  melakukan  sesuatu.  Misalnya  seorang  anak  menaruh  minat  terhadap  bidang  kesenian,  maka ia           akan  berusaha  untuk  mengetahui  lebih   banyak  tentang  kesenian (Uzer Usman, 2013: 27).
Hilgard  memberi  rumusan  tentang  minat  adalah sebagai  berikut: ‘interest  is  persisting  tendency  to  pay  attention  to  and  enjoy  some activity  or  content’
(minat  adalah yang dapat membuat  perhatian dan  membuat enjoy  dalam beraktifitas)
Dan  pada  intinya,  kompetensi  paedagogik  sangat  berpengaruh  terhadap  minat  belajar  siswa,  karena  kompetensi  paedagogik  guru            merupakan  salah  satu  faktor  yang  mempengaruhi  minat  belajar  siswa.
Dan  hal  ini  diperkuat  teori  E.Mulyasa  bahwa ‘tugas guru  yang  paling  penting  utama adalah  bagaimana  mengkondisikan lingkungan  belajar  yang  menyenangkan, agar dapat membangkitkan  rasa              ingin  tahu  semua  peserta  didik  sehingga  timbul  minat  dan nafsu  unutk           belajar’ (2002:187).
 Tetapi  kenyataannya  penulis  menemukan  penomena  di  Madrasah Aliyah  Negeri Cabangbungin  Bekasi   bahwa  guru  Madrasah  Aliyah  Negeri  Cabangbungin  Bekasi  sudah  memiliki  kompetensi  pedagogik  yang  baik yaitu  mampu  mengelola  pembelajaran,  mampu  memahami  peserta  didik, mampu  membuat  perencanaan,  mampu  melaksanakan  pembelajaran  mendidik  dan  logis,  mampu  memanfaatkan  teknologi  pembelajaran,  mampu  mengevaluasi  hasil  belajar  dan  dapat  mengembangkan  peserta  didik,  tetapi  tidak  bisa  membuat   siswa  untuk  berminat  belajar. 
. Hal ini dibuktikan  siswa-siswinya  tidak  berminat  mengikuti  pelajaran  seperti  tidak  adanya  perhatian  saat  guru  menjelaskan  pelajaran, pengetahuan  tentang  pelajaran  sangat  kurang  saat  guru  mengajukan  pertanyaan  tidak  ada yang  menjawab,  motivasi  bertanya  ketika  tidak  mengerti  sangat  kurang  dan  kebutuhan-kebutuhan belajar  seperti  LKS atau  buku  paket  jarang  dibawa.
Oleh  karena  itu,  penulis merasa tertarik dan memandang  penting  untuk  melakukan  penelitian  dengan  judul  “Pengaruh   Kompetensi  Pedagogik  Guru  Terhadap  Minat  Belajar  Siswa  Di  Madrasah  Aliyah  Negeri    Cabangbungin  Bekasi
B.     Rumusan  Masalah
            Dalam  suatu   penelitian  rumusan  masalah  merupaka  hal   yang  penting  dan  akan  menentukan  arah  suatu  penelitian  itu  sendiri.  Dengan  demikian  rumusan  masalah  yang  jelas dapat  digunakan  sebagai  pedoman  dalam  menentukan  langkah  selanjutnya.  Berangkat  dari  latar  belakang  masalah  diatas, dapat  disusun  rumusan  masalah  sebagai  berikut:
1.   Bagaimanakah  kompetensi  pedagogik  guru  di  Madrasah  Aliyah  Negeri       Cabangbungin  Bekasi  ?
2.   Bagaimanakah  minat  belajar  siswa  Di  Madrasah  Aliyah  Negeri         Cabangbungin  Bekasi ?
3.   Bagaimanakah  pengaruh  kompetensi  pedagogik guru terhadap  minat belajar               siswa  Di  Madrasah  Aliyah  Negeri   Cabangbungin  Bekasi  ?


C.    Tujuan  Penelitian
            Setelah  rumusan  masalah selesai  dirumuskan  maka  pada  hakikatnya  kita mempunyai  inti  dari  tujuan  penelitian  yang  dilakukan.  Tujuan  penelitian  ini  dicantumkan  dengan  maksud  agar  kita  ataupun  pihak  lain  yang  membaca  laporan  penelitian  ini  memahami  kondisi  yang  sesungguhnya.
Adapun  tujuan  penelitiannya  adalah:
1.      Mengetahui  kompetensi  pedagogik  guru  di  Madrasah  Aliyah  Negeri Cabangbungin  Bekasi
2.      Mengetahui  minat  belajar  siswa  Di  Madrasah  Aliyah  Negeri  Cabangbungin  Bekasi   
3.      Mengetahui  pengaruh  kompetensi  pedagogik  guru  terhadap  minat  belajar  siswa          Di  Madrasah  Aliyah  Negeri   Cabangbungin  Bekasi 
D.    Kerangka  Pemikiran
            Kerangka  pemikiran  merupakan  suatu  dasar  dalam  suatu  penelitian  yang  terlahir  dari  hasil  pemikiran  dan  penalaran  peneliti  terhadap  teori-teori  para  ahli  mengenai  maslah  yang  sedang  diteliti.
            Sebenarnya  pengertian  kompetensi   sangat  banyak  adapun  kompetensi guru  merupakan  “kemampuan  seorang  guru  dalam  meaksanakan  kewajiban-kewajibannya  secara  betanggung   jawab  dan  layak” (Uzer  Usman,2013:14)
            Berdasarkan pendapat  (E. Mulyasa, 2013:42) kompetensi  pedagogoik 

kemampuan  mengelola  pembelajaran  peserta  didik  yang  meliputi  pemahaman  terhadap  peserta  didik,  perencanaan  dan  pelaksanaan  pembelajaran,  evaluasi  hasil  belajar, dan  pengembangan  peserta  didik  untuk  mengaktualisasikan  berbagai  potensi  yang  dimilikinya”.

            Sedangkan  minat  adalah  kecenderungan  yang  tetap  untuk  memperhatikan  dan mengenang beberapa  kegiatan. Kegiatan  yang  diminati  seseorang,  diperhatikan  terus-menerus  yang  diserta  dengan  rasa  senang.  Jadi  berbeda  dengan  perhatian,  karena   perhatian  sifatnya  sementara  (tidak  dalam  waktu  yang  lama)  dan  belum  tentu  diikuti  dengan   perasaan   senang, sedangkan  minat  selalu  diikuti  dengan  perasaan  senang  dan  dari  situ  diikuti  dengan  perasaan  puas.  Selain  itu  minat  (interest)  berarti  kecenderungan   dan   kegairahan  yang  tinggi  atau  keinginan  yang  besar  terhadap sesuatu. 
            Menurut  Reber  (1988:152)  ‘minat  tidak  termasuk  istilah  populer dalam  pisikologi  karena  ketergantungannya  yang  banyak  pada  faktor-faktor  internal  lainnya  seperti:  pemusatan  perhatian,  keingintahuan,  motivasi  dan  kebutuhan’.
            Mengingat  pentingnya  minat  dalam  belajar,  seorang  tokoh  pendidikan  lain  dari  belgia, yakni  Ovide  Decroly  (1871-1932), mendasarkan  sistem  pendiddikannya  pada  suatu minat  yang  pada  umumnya  dimiliki  semua  orang,  yaitu  minat  terhadap  makanan,  perlindungan  terhadap  pengaruh  iklim             (pakaian  dan rumah),  mempertahankan  diri  terhadap  macam-macam bahaya       dan musuh,  bekerja  sama  dalam  olahraga.











            Skema  kerangka  pemikiran  penelitian  Pengaruh   Kompetensi Paedagogik Guru  Terhadap  Minat Belajar Siswa  Di  Madrasah  Aliyah  Negeri    Cabangbungin  Bekasi 

PENGARUH
           

Minat
(Variabel  Y)
(Menurut  Reber  1988)

1.      Pemusatan  Perhatian,
2.      Keingintahuan,
3.       Motivasi  dan
4.       Kebutuhan’.





RESPONDEN

Kompetensi  Paedagogik  Guru
(Variabel X)
E. Mulyasa (2013:42)


1.      Kemampuan Mengelola Pembelajaran
2.      Pemahaman Terhadap Peserta Didik
3.      Perncanaan  Pembelajaran
4.      Pelaksanaan  Pembelajaran  yang  mendidik  dan dialogis
5.      Pemanfaatan  Teknologi  Pembelajaran
6.      Evaluasi  Hasil  Belajar
7.      Pengembangan  Peserta  Didik

 
















E.     Hipotesis
            “Hipotesis  merupakan  jawaban  sementara  terhadap  rumusan  masalah  penelitian,  di  mana  rumusan  masalah  penelitian  telah  dinyatakan  dalam  bentuk  kalimat  pertanyaan.  Dikatakan  sementara,  karena  jawaban  yang  didasarkan  pada  teori  yang  relevan,  belum  berdasarkan  pada  fakta-fakta  emperis  yang  diperoleh  melalui  pengumpulan  data” (Sugiyono, 2013:96).
           
            Penulis  menggunakan  hipotesis  karena  dalam  penelitiannya  akan  menggunakan  pendekatan  kuantitatif.  Selanjutnya  penulis  menggunakkan  hipotesis  statistik,  karena  penelitian  akan  bekerja  dengan  sampel.
            Berdasarkan  kerangka  pemikiran  yang  telah  dipaparkan  dapat  disusun  hipotesis, yaitu:
     Ha:  Adanya  pengaruh  yang  signifikan  kompetensi  pedagogik                  terhadap minat belajar siswa Di Madrasah  Aliyah  Negeri   Cabangbungin  Bekasi 
Ho:  Tidak  ada  pengaruh  yang  signifikan  kompetensi  pedagogik  terhadap  minat  belajar  siswa  Di  Madrasah  Aliyah  Negeri  Cabangbungin  Bekasi
F.     Metode  Penelitian
                  Metode   yang  digunakan  dalam   penelitian  ini  adalah  metode  deskriptif.  Dengan  metode  ini  diharapkan  penulis  tidak  hanya  mengumpulkan  data,  akan  tetapi  disertai  pengolahan  dan  penafsiran  serta  pengambilan  keputusan  yang  dilengkapi  dengan  penggunaan  teknik  statistik.  Untuk  menunjang  keberhasialan  dalam  penelitian  ini,  penulis  menggunakan  alat   pengumpulan   data  yaitu  Angket, yaitu  suatu  daftar  yang  berisikan  pertanyaan-pertanyaan           untuk  memperoleh  data  yang   berupa  jawaban  dari  responden, Angket  yang  penulis  susun  untuk  lebih menguatkan data  yang  telah ada.
                    Selanjutnya  untuk  memperoleh  data  tentang  hubungan  antara kedua  variabel  jika datanya normal menggunakan  rumus korelasi  product  moment (product  of  moment  correlation) yaitu, untuk  mencari korelasi  atau  hubungan  antara dua  variabel  dengan  rumus  sebagai  berikut:
rxy =                                   N.(å XY) - (å x )(å y)
                 Ö(N.å x2 – (å x)2) ´ (N.å U2 – (å U)2)



Keteangan :
      rxy                         =  Angka  Indeks  Korelasi  “r”  Prodact  Moment
      N                     =  Number of  Cases  (jumlah  siswa)
      å XY                   =  Jumlah  Hasil  Perkalian  antara  Skor  “X”  dari ”Y”
      å X            =  Jumlah  Seluruh  Skor  “X”
      å Y            =  Jumlah  Seluruh  Skor  “Y”

            Dan jika data yang di peroleh tidak normal maka menggunakan rumus Rank Oreder dengan ketentuan:
Ha =   Ada  hubungn  signifikan  antara  kompetensi  pedagogik  guru         terhadap         minat belajar siswa di Madrasah  Aliyah  Negeri               Cabangbungin Bekasi
Ho =  Tidak  ada  hubungan signifikan antara kompetensi  paedagogik  guru  terhadap      minat belajar  siswa  di  Madrasah  Aliyah  Negeri   Cabangbungin  Bekasi              Dan dilanjutkan dengan mencari rs hitung dengan rumus

     rs= 1- 6 åd2
               n (n2-1)


                  Dan dilanjutkan mencari Z hitung  dengan rumus
Z hitung =       rs       
                     1
                  Ö n-1




G.    Lokasi,  Populasi  dan  Sampel  Penelitian
1.      Lokasi
                  Adapun  penulis  mengambil  penelitian  ini  bertempat  di  Madrasah  Aliyah  Negeri   Cabangbungin  Kabupaten  Bekasi  dikarenakan  belum  adanya  penelitian  di  tempat   ini  dengan  judul  yang  sama  dengan  penulis, dilokasi  ini juga  terdapat  hal  yang  perlu  diteliti  mengenai  jenjang  pendidkan orang  tua  terhadap  minat  siswa  melanjutkan  pendidikan  keperguruan  tinggi  agama  islam  dan  banyak  sekali  data  yang  penulis  dapatkan  di  Madrasah  Aliyah  Negeri   Cabangbungin  Kabupaten  Bekasi  dan  lokasi  penelitian  ini  juga  dekat  dengan  tempat  tinggal  penulis  sehingga  penulis  memilih  lokasi  ini  untuk penelitian.
2.      Populasi
                  “Populasi  adalah wilayah  generalisasi  yang  terdiri  dari  objek  atau  subjek  yang  menjadi kuantitas  dan  karakteristik  yang  ditetapkan  oleh  peneliti  untuk  dipelajari dan  kemudian  ditarik  kesimpulannya” (sugiyono, 2013:117).
                  Populasi  penelitian   ini  adalah  seluruh  guru  27  orang  dan  peserta  didik  Madrasah  Aliayah  Negeri   Cabangbungin  Kabupaten  Bekasi  sebanyak  217  peserta  didik.
3.      Sampel

                  Maka  untuk  sampel variabel  X  diambil  secara keseluruhan  jumlah  guru  yaitu  27  orang  dan  untuk  varibel  Y diambil  sampel  12.5 %  dari  populasi  yaitu  12.5%  x 217  peserta  didik = 27,125  atau dibulatkan  menjadi  27  peserta  didik.

1 komentar: