Sabtu, 07 Februari 2015

ISLAM ADALAH

 1. Pengertian Islam

               Islam adalah Agama yang berasal dari Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhammad     Saw, ajaran islam tertuang dalam Al-Qur'an dan sunnah,berupa petunjuk-petunjuk, perintah-               perintah dan larangan-larangan demi kebaikan manusia. Itulah sebabnya agama yang diterima di          sisi Allah Adalah agama Islam.

               Dalam memeluk agama islam tidak boleh setengah-setengah, melainkan harus sepenuhnya.        Allah memerintahkan kita agar memeluk agama islam seutuhnya dan ikhlas "Hai orang-orang           yang beriman, masuklahkedalam islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu ikuti langkah-      langkah syetan. seseugguhnya setan adalah musuh yang nyata bagimu". (QS Al-Baqoroh;208)
   "Hadapkanlah mukamu kepada agama dengan ikhlas dan janganlah kamu menjadi orang-orang          yang musyrik". (QS Yunus 105)

2. Makna Islam

                 Nama islam berasal dari bahasa Arab yaitu Aslama, yuslimu, islam. Ditinjau dari segi             bahasa, islam memiliki banyak arti seperti: taat atau patuh, damai dan kasih sayang atau selamat.         Dan menurut istilah (Drs, Humaidi) islam adalah terbagi menjadi dua macam pengertian yaitu             pengerian khusus dan pengertian umum, menurut pengertian khusus islam adalah agama yang            diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw, sedangkan islam menurut pengertian umum adalah agama         yang diajarankan oleh Nabi dan Rosul Allah Swt dari Adam As sampai Muhammad Saw.

3. Syariat Islam

              Syariat islam adalah jalan yang sesuai dengan undang-udang Allah Swt. Syariat islam ini           berlaku kepada bagi hamba-Nya yang berakal, sehat,  dan telahmenginjak usia baligh atau dewasa. 
                 Syariat islam ini, secara garis besar mencakup tiga hal:

    a. Petunjuk dan bimbingan untuk mengenal Allah Swt
    b. Petunjuk untuk mengembangkan potensi pada diri manusia
    c. Ketentuan-ketentuan yang mengatur tata cara beribadah kepada Allah Swt


Tidak ada komentar:

Posting Komentar