BAB V
KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
A.
KESIMPULAN
Berdasarkan
hasil uraian pembahasan
mengenai Pengaruh Kompetensi
Pedagogik Guru terhadap Minat
Belajar Siswa, dan
hasil penyebaran angket
yang dibagikan kepada
20 responden variabel
X 27 dan
20 responden variabel
Y megenai Pengaruh
Kompetensi Pedagogik terhadap
Minat Belajar siswa
di Madrasah Aliyah
Negeri Cabang Bungin
Kab.Bekasi, maka dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut:
1. Kompetensi
Pedagogik Guru
Dalam
pembelajaran atau teaching hal
ini penting dalam pembelajaran
itu harus adanya seorang
teacher guna
mengendalikan, membimbing
dan membantu ketika
proses pembelajaran berlangsung. Menjadi seorang guru
tidaklah sembarangan, karena guru
merupakan profesi atau
jabatan yang memerlukan
keahlian khusus sebagai
guru. Dan guru profesional tentunya
mempunyai
kompetensi-kompetensi yang baik
dan salah satunya
adalah kompetensi pedagogik. Dalam penyebaran
angket kepada responden
variabel X (Kompetensi Pedagogik
Guru), sebanyak 27 orang
dilihat dari jawaban yang dijawab oleh
pendidik kesemuanya itu
menghasilkan jawaban yang variatif, walaupun demikian
dari Kompetensi Pedagogik yang
dimiliki guru di
Madrasah Aliyah Cabangbungin
Kab.Bekasi dalam minat belajar
siswa meghasilkan persentase sebesar 88.59%
dalam interprestasi persentase
dikateorikan Sangat Kuat.
2. Minat Belajar Siswa di
Madrasah Aliyah Negeri
Cabang Bungin Kab.Bekasi
Minat belajar siswa
dapat dibangkitkan dengan
berbagai macam cara atau hal
misalnya guru yang
memiliki kompetensi pedagogik
yang baik dapat
dipastikan bisa membangkitkan
minat belajar siswa, karena
kompetensi pedagogik mencakup
banyak hal seperti
kemampuan mengelola pembelajara, pemahaman terhadap
peserta didik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran
yang mendidik dan
dialogis, pemanfaatan teknologi
pembelajaran, evaluasi hasil
belajar dan pengembangan peserta didik. Dengan
penyebaran angket kepada
reponden variabel Y
(Minat Belajar Siswa) sebanyak 27 orang
mengenai minat selajar
siswa meghasilkan hasil akhir
sebesar 78.33 % dan dikategori
Kuat.
3. Pengaruh Kompetensi Pedagogik
Guru terhadap Minat Belajar
Siswa di Madrasah Aliyah
Negeri Cabang Bungin
Kab.Bekasi
Kompetensi
pedagogoik guru memerlukan
pelaksanaan yang baik
untuk meningkatkan minat belajar
siswa. Oleh karena itu,
proses pelaksanaan kompetensi
pedagogik sebagai salah
satu cara dalam
upaya membangkitkan minat
belajar siswa. Kemudian hasil dari
hasil perhitungan Phitung
dan Ptabel
dalam hipotesis yang
ditempuh untuk mencari
hubungan antara variabel
X (Kompetensi Pedagogik Guru) dengan
variabel Y (Minat Belajar
Siswa) yang menghasilkan Phitung 0,439 dan Ptabel 0,392, yang artinya
Phitung < Ptabel
(0,439 < 0,392)
maka menerima hasil Ha diterima
dan Ho ditolak.
Berdasarkan perhitungan
kontribusi antara variabel X terhadap Y, dapat
disimpulkan bahwa Kompetensi Pedagogik Guru (variabel X) memberikan pengaruh sebesar 19.2721% terhadap Minat Belajar Siswa (variabel Y) dan
dapat disimpulkan pula
terdapat 80.7279% dari faktor
lain yang dapat
mempengaruhi Minat Belajar
Siswa.
B.
REKOMENDASI
Berdasarkan kesimpulan
yang telah dipaparkan, maka
penulis mengajukan rekomendasi
yang diapandang berguna
dan yang dapat mempertimbangkan agar
dapat meningkatkan kompetensi
pedagogik guru diantaranya
yaitu:
1. Kepada Kepala Sekolah di
Madrasah Aliyah Negeri
Cabangbungin Kab.Bekasi diharapkan
mengontrol tehadap pendidik
dan peserta didik, agar
mampu mewujudkan kompetensi
pedagogik dalam mengajar
dan kontroling terhadap
peserta didik supaya bersikap
dan responsip ketika
KBM berlangsung sehingga pendidik dan
peserta didik elakukan
sibiosis mutualisme yang
pasa akhirnya pebelajaranpun berjalan
secara efektif dan
efisien.
2. Kepada
pendidik di Madrasah
Aliyah Negeri Cabangbungin
Kab.Bekasi diharapkan dapat
mewujudkan kompetensi pedagogik
yang sudah dimiliki
dengan baik dalam
melaksanakan tugas sebagai
pendidik sehingga dapat membangkitkan
minat belajar siswa.
3. Kepada peserta
didik di Madrasah
Aliyah Negeri Cabangbungin
Kab.Bekasi hendaknya bersikap
aktif dan responsif terhadap
bimbingan dan arahan
pada guru yang memerikan
materi pembelajaran sehingga
proses pembelajaran yang
efektif .
4. Mengingat
penulis hanyalah manusia
biasa yang tak
luput dari kesalahan
dan juga penelitia
ini masih sangat
jauh dari kata sempuna
serta apa-apa yang
dihasilkan oleh penulis
bukanlah merupakan hasil akhir,
sehingga perlu diadakan penelitian
lebih lanjut khususnya
mengeai engaruh kompetansi
terhadap minat belajar siswa
di Madrasah Aliyah
Negeri Cabangbungin Kab.Bekasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar