Senin, 09 Februari 2015

contoh skripsi BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI STAI MIFDA SUBANG

BAB V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

A.          KESIMPULAN

      Berdasarkan  hasil  uraian  pembahasan   mengenai Pengaruh Kompetensi  Pedagogik Guru  terhadap  Minat  Belajar  Siswa,  dan  hasil  penyebaran  angket  yang  dibagikan  kepada  20  responden  variabel  X  27  dan  20  responden  variabel  Y  megenai  Pengaruh  Kompetensi  Pedagogik  terhadap  Minat  Belajar  siswa  di  Madrasah  Aliyah  Negeri  Cabang  Bungin  Kab.Bekasi,  maka  dapat diambil  kesimpulan  sebagai  berikut:
1.      Kompetensi  Pedagogik  Guru
            Dalam  pembelajaran  atau  teaching  hal  ini penting  dalam  pembelajaran  itu  harus adanya  seorang  teacher guna  mengendalikan, membimbing  dan  membantu  ketika  proses  pembelajaran   berlangsung. Menjadi seorang  guru  tidaklah  sembarangan, karena  guru  merupakan  profesi  atau  jabatan  yang  memerlukan  keahlian  khusus  sebagai  guru. Dan guru  profesional  tentunya  mempunyai  kompetensi-kompetensi  yang  baik  dan  salah  satunya  adalah  kompetensi  pedagogik. Dalam  penyebaran  angket  kepada  responden  variabel  X (Kompetensi  Pedagogik  Guru), sebanyak  27  orang  dilihat dari jawaban  yang  dijawab oleh  pendidik  kesemuanya  itu  menghasilkan  jawaban  yang variatif, walaupun  demikian  dari  Kompetensi Pedagogik  yang  dimiliki  guru  di  Madrasah  Aliyah  Cabangbungin  Kab.Bekasi  dalam minat  belajar  siswa  meghasilkan  persentase sebesar  88.59%  dalam  interprestasi  persentase  dikateorikan  Sangat  Kuat.
2.      Minat  Belajar  Siswa di  Madrasah  Aliyah  Negeri  Cabang  Bungin  Kab.Bekasi
            Minat  belajar  siswa  dapat  dibangkitkan  dengan  berbagai macam  cara atau  hal  misalnya  guru  yang  memiliki   kompetensi  pedagogik  yang  baik  dapat  dipastikan  bisa  membangkitkan  minat  belajar  siswa, karena  kompetensi  pedagogik  mencakup  banyak  hal  seperti  kemampuan  mengelola  pembelajara, pemahaman  terhadap  peserta  didik, perencanaan  pembelajaran, pelaksanaan  pembelajaran  yang  mendidik  dan  dialogis, pemanfaatan  teknologi pembelajaran, evaluasi  hasil belajar  dan  pengembangan peserta  didik. Dengan  penyebaran  angket  kepada  reponden  variabel  Y  (Minat  Belajar  Siswa) sebanyak 27  orang  mengenai  minat  selajar  siswa meghasilkan  hasil  akhir  sebesar 78.33 %  dan  dikategori  Kuat.
3.      Pengaruh  Kompetensi  Pedagogik  Guru terhadap  Minat  Belajar  Siswa di  Madrasah  Aliyah  Negeri  Cabang  Bungin  Kab.Bekasi
            Kompetensi  pedagogoik  guru  memerlukan  pelaksanaan  yang  baik  untuk  meningkatkan minat  belajar  siswa. Oleh  karena  itu,  proses  pelaksanaan  kompetensi  pedagogik  sebagai  salah  satu  cara  dalam  upaya  membangkitkan minat belajar  siswa. Kemudian  hasil dari  hasil  perhitungan  Phitung  dan  Ptabel dalam  hipotesis  yang  ditempuh  untuk  mencari  hubungan  antara  variabel  X (Kompetensi  Pedagogik Guru)  dengan  variabel  Y (Minat  Belajar  Siswa)  yang  menghasilkan Phitung  0,439 dan Ptabel 0,392, yang  artinya  Phitung  < Ptabel (0,439 < 0,392)  maka  menerima  hasil  Ha  diterima  dan  Ho ditolak.
            Berdasarkan  perhitungan  kontribusi  antara  variabel X terhadap Y,  dapat  disimpulkan  bahwa  Kompetensi Pedagogik Guru (variabel X) memberikan  pengaruh sebesar 19.2721% terhadap  Minat Belajar Siswa (variabel Y)  dan  dapat  disimpulkan  pula  terdapat  80.7279% dari  faktor  lain  yang  dapat  mempengaruhi  Minat  Belajar  Siswa.
B.           REKOMENDASI
         Berdasarkan  kesimpulan  yang telah  dipaparkan,  maka  penulis  mengajukan  rekomendasi  yang  diapandang  berguna  dan yang  dapat  mempertimbangkan  agar  dapat  meningkatkan  kompetensi  pedagogik  guru  diantaranya  yaitu:
1.      Kepada  Kepala  Sekolah  di  Madrasah  Aliyah  Negeri  Cabangbungin  Kab.Bekasi  diharapkan  mengontrol  tehadap  pendidik  dan  peserta  didik, agar  mampu  mewujudkan  kompetensi  pedagogik  dalam  mengajar  dan  kontroling  terhadap  peserta  didik supaya  bersikap  dan  responsip  ketika  KBM berlangsung  sehingga pendidik  dan  peserta  didik  elakukan  sibiosis  mutualisme  yang  pasa  akhirnya  pebelajaranpun  berjalan  secara  efektif  dan  efisien.
2.      Kepada  pendidik  di  Madrasah  Aliyah  Negeri  Cabangbungin  Kab.Bekasi  diharapkan  dapat  mewujudkan  kompetensi  pedagogik  yang  sudah  dimiliki  dengan  baik  dalam  melaksanakan  tugas  sebagai  pendidik sehingga  dapat  membangkitkan  minat  belajar  siswa.
3.      Kepada peserta  didik  di  Madrasah  Aliyah  Negeri  Cabangbungin  Kab.Bekasi  hendaknya  bersikap  aktif  dan responsif  terhadap  bimbingan  dan  arahan  pada  guru yang  memerikan  materi  pembelajaran  sehingga  proses  pembelajaran  yang  efektif .

4.      Mengingat  penulis  hanyalah  manusia  biasa  yang  tak  luput  dari  kesalahan  dan  juga  penelitia  ini  masih  sangat  jauh  dari kata  sempuna  serta  apa-apa  yang  dihasilkan  oleh  penulis  bukanlah  merupakan hasil  akhir,  sehingga  perlu diadakan  penelitian  lebih  lanjut  khususnya  mengeai  engaruh  kompetansi  terhadap  minat  belajar siswa  di  Madrasah  Aliyah  Negeri   Cabangbungin  Kab.Bekasi  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar