Senin, 09 Februari 2015

contoh skripsi BAB II Landasan Teoritis STAI Miftahul Huda Subang

BAB  II
LANDASAN TEORITIS

A.    Kompetensi  Pedagogik  Guru
                Pendidikan  adalah  setiap  usaha,  pengaruh,  perlindungan  dan  bantuan          yang  diberikan  kepada  anak  tertuju  kepada  pendewasaan  anak  itu,  atau  lebih             tepat  membantu  anak  agar  cukup  cakap  melaksanakan  tugas  hidupnya          sendiri.  Pengaruh  itu  datangnya  dari  orang  dewasa  (atau  yang  diciptakan          oleh  orang  dewasa  seperti  sekolah,  buku,  putaran  hidup  sehari-hari.  Dan       lain  sebagainya)  dan  ditunjukan  kepada  orang  yang  belum  dewasa            (Faturrahman, Dkk 2012:1).
               Tujuan  pendidikan  adalah  untuk  mendorong  setiap  individu  agar      mampu  mengembangkan  potensinya  untuk  pemenuhan  diri.  Setiap  individu          memiliki kebutuhan  dan  perhatian  yang  spesifik  berkaitan  dengan  pemenuhan        dirinya (Uyoh  Sadulloh, 2011: 137).
               Kajian  dan  pemikiran  tentang  pendidikan terlebih  dahulu  perlu          diktahui  dua  istilah  yang  hampir  sama  bentuknya  dan  sering  dipergunakan            dalam  dunia  pendidikan,  yaitu  pedagogi  dan  pedagogik.  Pedagogik  berarti          “pendidikan”  sedangkan  pedagogie  artinya  “ilmu  pendidikan”.
               Pedagonik  atau  ilmu  pendidikan ialah  yang  menyelidiki,  merenungkan          tentang  gejala-gejala  perbuatan  mendidik.  Istilah  ini  berasal  dari  kata             “pedaogia”  (Yunani) yang  berart  pergaulan  dengan  anak-anak.  Sedangkan              yang  sering  digunakan  istilah  pedagogos  adalah  seorang  pelayan  (pejuang)  pada zaman  Yunani  Kuno  yang  pekerjaannya  mengantar  dan  menjemput       anak-anak  ke  dan  dari  sekolah.  Pedagogos  berasal  dari  kata  paedos  (anak)          dan  agoge  (yang  membimbing,  memimpin).
              Perkataan  pedagogos  yang  mulanya  berarti  pelayan  kemudian  berubah          menjadi  pekerjaan  mulia. Karena  pengertian  pedagoog  (dari  paedagogos)    berarti  seseorang  yang  yang  tugasnya,  membimbing  anak  didalam             pertumbuhannya  kedarah  berdiri  sendiri  bertanggung  jawab.  Dan  bisa    dikatakan  dalam  hal  ini  adalah  guru. Istilah  pedagogy  dalam  bahasa  inggris   merujuk  kepada  seluruh  konteks  dan  sumber  daya  operasi  pengajaran  dan         pembelajaran  yang  secara  nyata  terlibat  di  dalamnya. Meski  demikian,  baik            aslinya  diambil  dari  bahasa  Yunani  Kuno  maupun  dari  bahasa  inggris,  kata             pedagogi  mempunyai  makna  yang  kira-kira  sama.
                Di  samping  itu,  dalam  bahasa  inggris  istilah  pedagogi (pedagogy)    digunakan  untuk  merujuk  kepada  teori  pengajaran,  dimana  guru  berusaha  memahami  bahan  ajar,  mengenali  siswa,  dan  menentukan  cara  mengajarinya.      Pengenalan teknologi  informasi  ke sekolah-sekolah  yang  mengharuskan            perubahan-perubahan  dalam  pedagogi. Sejalan  engan  itu, guru  mengadopsi       metode-metode  baru  mengajar  difasilitasi  oleh  teknologi  baru (Sudarwan    Danim dan Khairil, 2013:48).
                Guru  disebut  juga  pendidik  yang  dalam  Undang-Undang  RI  No  20          Tahun  2003  tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional  BAB  XI  Pasal   39  yang              menyebutkan  bahwa  definisi  pendidik  adalah  “tenaga  profesional  yang            bertugas  merencanakan  yang  bertugas  melaksanakan  proses  pembelajaran,             menilai  hasil  pembelajran,  melakukan  pembimbingan  dan  pelatihan,  serta       melakukan  penelitian  dan  pengabdian  kepada  masyarakat,  terutama  bagi    pendidik  pada  perguruan  tinggi”.
                  Undang-Undang  diatas  sudah  jelas bahwa  guru  adalah  model         mental  yang  hidup  bagi  siswa.  Kita  ingat  pemeo  guru, sebagai      digugu  lan      ditiru (ditaati  dan  ditiru),  guru  adalah  uswah  hasanah (teladan  yang  baik).
                  Menjadi  guru  tidaklah  mudah,  guru  adalah  salah  satu  komponen  manusiawi  dalam  proses  belajar-mengajar,  yang  ikut  berperan dalam  usaha            pembentukan sumber  daya  manusia  yang  potensial  dibidang  pembangunan.  Oleh  karena  itu,  guru  yang  merupakan  salah  satu  unsur  dibidang       kependidikan  harus  berperan  serta  secara  aktif  dan  menempatkan   kedudukannya  sebagai  tenaga  profesional,  sesuai  dengan  tuntunan  masyarakat              yang  semakin  berkembang.  Dalam  arti  khusus  dapat  dikatakan  bahwa  pada          setiap  diri  guru  itu  terletak  tanggung  jawab  untuk  membawa  siswanya  pada          suatu  kedewasaan  untuk  taraf  kematangan  tertentu.
               Undang-undang  Guru  dan  Dosen  BAB  IV  pasal  10   mengatakan                bahwa  kompetensi yang harus  dimiliki  guru  ada  empat  salah satunya           adalah kompetensi pedaogik.
               Kompetensi  adalah (Wheeler  Patricia  and  Geneva  Heartel (2013:24)

     suatu  bidang  yang  mencakup  suatu  pengtahuan,  keterampilan,,  kemampuan,         kepribadian,  pengalaman,  atau  karakteristik  lain  yang  dapat  digunakan         untuk  belajar dalam  keberhasilan  di  sekolah  atau  dalam  ptson  ekerjaan’.                       
              Sedangkan  menurut  Watsen  Wyatt (2003:25),  kompetensi  adalah 
    
     ‘kombinasi  dari    keterampilan  (skill),  pengatahuan  (knowledge),  dan  prilaku         (attitude)  yang  dapat  diamati  dan  diterapkan  secara  kritis  untuk  suksesnya      sebuah organisasi,  prestasi  kerja  dan  kontribusi  pribadi terhadap              organisasinya’.

               Kompetensi pedagogik  sesuai  dengan  Undang-Undang  RI  Guru dan             Dosen  NO  14  Tahun  2005   dan  PP  Nomer  19 tahun 2005 ‘adalah        merupakan  kemampuan  yang  berkenaan  dengan  pemahaman  peserta  didik              dan  mengelola  pembelajaran  yang  mendidik  dan  dialogis’.
              Sedangkan  Tim  Derektorat  Profesi  Pendidikan  Ditjen  Peningkatan  Mutu      Pendidikan  dan  Tenaga  Kependidikan  (2006)  telah  merumuskan  secara             subtansif  kompetensi  pedagogik  yang  mencakup  kemampuan  terhadap     peserta  didik’ (http://zaidel.blogspot.com:2013).
                Dan  menurut  (Zakiyah Darajat, 2009:16)  pedagogik “ ialah makhluk  Allah  yang  dilahirkan  membawa  potensi  dapat  dididik  dan  dapat  mendidik”.
           Jadi, kompetensi  pedagogik  guru  adalah  kemampua  guru  untuk  mengerti, memahami  peserta  didik  untuk  mengembangkan  kamampuan  peserta  didik  yang  sudah  ada  dan  yang  belum  tergali.
1.         Kemampuan  Mengelola  Pembelajaran
                    Pembelajaran  yang  baik sudah  tentu  harus  memiliki  tujuan.  Guru          profesional  harus  mampu  mewujudkan  atau paling  tidak  mendekati         praktik  pembelajaran  yang  ideal.  Pembelajaran  yang  ideal  adalah  agar     murid  mampu  mewujudkan  perilaku  belajar  yang  efektif,  diantaranya          seperti  pendapat  Ian  James  Mitchell  (1993:209), diantaranya  sebagai     berikut:
a.       Perhatian  siswa  yang  aktif  dan  berfokus  kepada  pembelajaran
b.      Berupaya  dan  menyesuaikan  tugas dengan  benar
c.       Siswa  mampu  menjelaskan  hasil  belajarnya
d.      Siswa  difasilitasi  untuk  berani  menatakan  kepada  guru  apa-apa  yang              belum  dipahami
e.       Siswa  berani  menyatakan  ketidaksetujuannya
f.       Siswa  dimotvasi  untuk  berani  meminta  informasi  yang  relevan  dengan topik  bahasan  lebih lanjut
                    Secara  Pedagogis,  kompetensi  guru-guru  dalam  mengelola          pembelajaran  perlu  mendapat  perhatian  yang  serius,  hal  ini  penting           karena  pendidikan  di Indonesia  dinyatakan  kurang  berhasil  oleh  sebagian      masyarakat,  dinilai  kuring  dari  aspek  paedagogik,  dan  sekolah  nampak       lebih  mekanis  sehigga  peserta  didik  cenderung  kerdil   karena  tidak      mempunyai  dunianya  sendiri. Freire  (1993:76)  mengkeritisi   kondisi           pendidikan  seperti ini  sebagai  penjajah  dan  penindasan,  yang  harus        diubah  menjadi pemberdayaan  dan  kebebasan. Freire  juga  mengungkapkan     bahwa  proses  pembelajaran,  yakni  hubungan  guru  dengan  peserta  didik          disemua  tingkat  identik  dengan  watak  bercerita.  Peserta  didik  dianggap         bejana  yang  akan  diisi  air (ilmu)  oleh gurunya. Oleh  karena  itu,    pembelajaran  nampak  seperti  sebuah  kegitan menabung,  peserta didik   dianggap  celengan  dan  guru  sebagai  penabung.  Lebih  lanjut  Freire          menguraikan  beberapa  karakteristik  pendidikan  “gaya bank”  sebagai      berikut:
1.      Guru  mengajar,  peserta  didik  diajar
2.       Guru  mengetahui  segala  sesuatu peserta  didik  tidak  tahu  apa-apa
3.      Guru  berpikir,  peserta  didik  dipikrikan
4.       Guru  bercerita, peserta  didik  mendengarkan
5.      Guru  menentukan  perauran,  peserta  didik  diatur
6.      Guru  memilih  dan  memaksakan  pilihannya,  peserta  didik  menyetujui
7.      Guru  berbuat,  peserta  didik  membayagkan  dirinya  berbuat  melalui  perbuatan  dirinya
8.       Guru  memilih  bahan  dan  pelajaran,  peserta  didik  (tanpa  diminta    pendapatnya)  menyesuaian  diri  dengan  pelajaran itu
9.       Guru  mencampuradukan  kewewenangan  ilmu  pengetahuan  dan     kewewnangan  jabatanya, yang  ia  lakukan  untuk  menghalangi  kebebasa  peserta  didik.
10.  Guru  adalah  subjek  dalam  proses  belajar,  peserta  didik  adalah      objek belaka.
2.         Pemahaman  Terhadap  Peserta  Didik
                    Pemahaman  terhadap  peserta  didik  merupakan  salah  satu           kompetensi pedagogik  yang  harus  dimiliki  guru.  Sedikitnya      terdapat           empat hal  yang  harus  dipahami  guru  dari  peserta  didikknya,  yaitu  tingkat              kecerdasan,  kerativitas, cacat  fisik,  dan  perkembangan  kognitif       (E.Mulyasa, 2013: 79).
a.          Tingkat  Kecerdasan
                 Upaya  untuk  mengetahui  tingkat  kecerdasan  telah  dilakukan  ahli          pisikologis, antara  lain  pada  tahun  1890  oleh  Catell  dengan  istilah  mental      test.  Pada  tahun  1905, Alfard  Binet  mengembangkan  tes  intelgensi yang      digunakan  secara  luas  dan  berhasil  menemukan  cara  untuk  menentukan   usia mental  seseorang.  Usia  mental  mungkin  lebih  rendah,  lebih  tinggi,  atau sama  dengan  usia  kronologis  (usia  yang  dihitung  sejak  kelahirannya).   
b.      Kretivitas
                 Lewat  sejarah,  orang  dapat  menyadari  adanya  perbedaan  keatifitas  inter  maupun  intraindividu.  Orang-orang  yang  kreatif  telah  muncul  ditiap            masanya.
                 Kerativitas  bisa  dikembangkan  dengan  penciptaan  pembelajaran             yang  memungkinkan  peserta  didik  dapat mengembangkan kerativitasnya,  antara  lain  dengan  teknik  kerja  kelompok  kecil,  penugasan  dan  mensponsori   pelaksanaan  proyek.         Proses  pembelajaran  pada hakikatnya  untu mengembangk  kreativitas dan  aktivitas  peserta  didik,  melalui      berbagai interaksi dan  pengalaman  belajar.
c.       Kondisi  Fisik
                 Kondisi  fisik  antara  lain  berkaitan  dengan  pengelihatan.  Pendengaran,  kemampuan  bicara,  pincang  (kaki),  dan  lumpuh  karena  kerusakan  otak.  Terhadap  peserta didik  yang  memiliki  kelainan  fisik  diperlukan  sikap  dan  layanan  yang  berbeda dalam  rangka  membantu  perkembangan  mereka.  Misalnya  guru  harus  lebih  sabar,  dan  telaten,  tetapi  dilakukan  secara  wajar  sehingga  tidak  menibulkan  pesan  negatif.
d.      Pertumbuhan  dan  Perkembngan  Kognitif
                 Pertumbuhan   dan  perkembangan  dapat  diklasifikasikan  atas  kognitif,  pisikologis  dan  fisik.  Pertumbuhan  dan  perkembangan  berhubungan  dengan  perubahan  struktur  dan  fungsi  karateristik  manusia.  Perubahan-perubahan  tersebut  terjadi  dalam  kemajuan  yang  mantap,  dan  merupakan  suatu  proses  kematangan.  Perubahan-perubahan  ini  tidak  bersifat  umum,  melainkan  merupakan  hasil  interaksi  antara  potensi  bawaan  dengan  lingkungan.


3.      Perencanaan  Pembelajaran
            Perencanaan  pembelajaran  merupakan   salah  satu  komponen  paedagogis  yang  harus  dimiliki  guru,  yang  akan  bermuara  pada  pelaksanaan pembelajaran.  Perencana  pembelajaran  sedikitnya  mencakup tiga  kegiatan,  yaitu  identifikasi kebutuhan,  perumusan  kompetensi  dasar,  penyusunan  program  pembelajaran.
a.       Identifikasi  Kebutuhan
                 Kebutuhan  merupakan  kesenjangan  antara  apa  yang  searusnya  dengan  kondisi  yang  sebenarnya, atau  sesuatu  yang  harus  dipenuhi  untuk  mencapai tujuan.  Pada  tahap  ini,  eloknya  guru  melibatkan  peserta didik  untuk  mengenali, menyatakan  dan  merumuskan  kebutuhan  belajar,  sumber-sumber  yang  tersedia  dan hambatan  yang  mungkin  dihadapi  dalam  kegiatan  pembelajaran  untuk  memenuhi  kebutuhan  belajar.
b.    Idenifikasi  Kompetensi
                 Kompetensi  merupakan sesuatu  yang  ingin  dimiliki  oleh  peserta  didik,  dan  merupakan  komponen  utama  yang  harus  dirumuskan  dalam  pembelajara,  yang  memiliki  peran  penting  dan  menentukan  arah  pembelajaran.
                 Oleh  karena  itu  setiap  kompetensi  harus  merupakan  perpaduan  dari  pengetahuan,  keterampilan,  nilai  dan  sikap  yang  direfleksikan  dalam  kebiasaan  berfikir  dan  bertindak.
                 Berdasarkan  uraian  diatas  mengisyaratkan  bahwa  pembentukan  kompetensi  melibatkan  intelegensi  quetions  (IQ), emosional  quetions  (EQ),  creativity  intelegensi  (CI),  yang  secara  keseluruhan  harus  tertuju  pada  pembentukan  spiritual  intelegensi  (SI).
c.     Penyusunan  Program  Pembelajaran
                 Penyusunan  program  pembelajaran  akan  bermuara  pada  rencana  pelaksanaan  pembelajaran  (RPP),  sebagai produk  program  pembelajaran  janngka  pendek,  yang  mencakup  komponen-komponen  kegiatan  belajar  dan  proses  pelaksanaan  program.
4.      Pelaksanaan  Pembelajaran  yang  Mendidik  dan  Dialogis
                    Pembelajaran  yang  mendidik  dan  logis  merupakan  respon  terhadap      peraktek  pendidikan  anti  realistis  yang  menurut  Freire (2003)  harus     diarahkan  pada  proses  hadap  masalah.
                    Pembelajaran  pada  hakikatnya  adalah  proses  interaksi  antara      peserta  didik  dengan  lingkungan,  sehingga  terjadi  perubahan  perilaku           kearah  yang  lebih  baik.  Dalam  hal  itu  banyak  sekali  faktor-faktor  yang              mempengaruhinya,  baik  faktor  intenal mapun  faktor  eksternal.
                    Tugas   guru  yang  paling  utama  adalah  mengondisikan  lingkungan         agar  menunjang  terjadinya  perubahan  perilaku  dan  pembentukan           kompetensi  peserta  didik.  Umumnya  pelaksanaan  pembelajaran  mencakup       tiga  hal:  pree  tes,proses, dan post  test  sebagai  berikut:
a.    Pree  Tes  (Tes  Awal)
                  Pelekasanaan  pembelajaran  biasanya  dimulai  dengan  pre             tes,  untuk  menjajagi  proses  pembelajaran  yang  akan  dilaksankan.           Oleh  karena  itu,  pre  tes  memegang  peranan  penting  dalam  proses         pembelajaran,  yang  berfungsi  antara  lain  sebagai berikut:
1.      Untuk   menyiapkan  peserta  didik  dalam  proses  belajar,  karena        dengan            pre tes  mereka  akan  fokus  dengan  pertanyaan  yang  harus  mereka              jawab atau  kerjakan.
2.      Untuk  mengetahui  kemajuan  peserta  didik, dengan  cara        membandingkan  hasil  pre  tes  dengan  post  tes.
3.      Untuk  mengetahui  kemampuan  awal  yang  telah  dimiliki       peserta  didik        mengenai  kompetensi  dasar yang  akan              dijadikan  topik  dalam  proses        pembelajaran.
4.      Untuk  mengetahui dari  mana  pembelajaran  dimulai,  kompetensi       dasar    mana  yang  telah  dimiliki  peserta  didik,  dan  tujuan-    tujuan  mana  saja        yang  perlu  dapat  perhatian  khusus.
b.     Proses
                    Proses  dimaksudkan  sebagai  kegiatan  ini  dari  pelaksanaan  pembelajaran  dan  pembentukan  kompetensi  peserta  didik.  Proses  pembelajaran  dan  pembentukan  kompetensi  perlu  dlakukan  dengan tenang  dan  menyenangkan,  hal  tersebut tentu  saja  menuntut  aktivitas  dan  kerativitas  guru  menciptakan  lingkungan  yang     kondusif. Proses  pembelajaran  dan  pembentukan  kompetensi            dikatakan  efektif  apabila  seluruh  siswa  terlibat  secara  aktif,  baik           mental,  fisik  maupun  sosial.
c.       Post  Test
                 Pada  umumnya  pelaksanaan  pembelajaran  diakhri  dengan  post tes.  Seperti  halnya  pre tes,  post  tes  memiliki  banyak  kegunaan,  terutama  dalam  melihat  keberhasilan  pembelajaran.  Fungsi  post tes  antara  lain  dapat  dikemukakan  sebagai  berikut:
1.      Untuk  Mengetahui  tingkat  kepuasan  peserta  didik  terhadap  kompetensi   yang  telah  ditentukan.
2.      Untuk  mengetahui  kompetensi  dasar  dan  tujuan-tujuan  yang  dapat  dikuasai  oleh  peserta  didik.
3.      Untuk  mengetahui  peserta  didik  yang  mengikuti  keiatan  remedial
4.      Sebagai  bahan  acuan  untuk  melaksanakan  perbaikan.
5.      Pemanfaatan  Teknologi
            Abad  21,  adalah  abad  pengetahuan,  sekaligus  merupakan  abad  informasi,  dan teknologi,  karena  pengetahuan, informasi,  dan  teknologi  menguasai  abad  ini,  sehingga  disebut  era  globaliasasi,  karena  cainggihnya  penggunaan  pengetahuan,  informasi,  dan  teknologi  dalam  berbagai aspek  kehidupan  yang  menimbulkan  hubungan  golbal.
            Penggunaan  teknolgoi  dalam  pendidikan  dan  pembelajaran  (learning)  dimaksudkan  untuk  memudahkan  dan  mengefektifkan  kegiatan  pembelajaran.  Dalam  hal  ini guru  dituntut  utuk  memiliki kemapuan  menggunakan  dan  mempesiapkan  materi  pembelajaran  dalam  suatu  sistem  jaringan  komputer  yang  dapat  diakses  oleh  peserta  didik.  Oleh  karena  itu,  seyogianya  guru  dan  calon  gru  dibekali  bebagai  kompetensi  yang  berkaitan  dengan  penggunaan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  sebagai  teknologi  pembelajaran.
6.      Evaluasi  Hasil  Belajar
            Evaluasi  hasil  belajar  dilakukan  untuk  mengetsahui  perubahan  perilaku  da n  pembentukan  kompetensi  peserta  didik,  yang  dilakukan  dengan  penilaian  kelas, tes  kemampuan dasar, penilaian akhir  satuan  pendidikan  dan  sertifikasi, benchmarking  serta  penilaian  program.
a.       Penilaian  Kelas
           Penilaian  kelas dilakukan  dengan  ulangan  harian, ulangan  umum,   dan  ujian  akhir.  Ulangan  harian  dilakukan  setiap  sesuai  dengan  proses  pembelajaran  dalam  sauan  bahasan  atau  kompetensi  tertentu.  Ulangan  harian  ini  terdiri  dari seperangkat soal  yang  harus  dijawab  para  peserta  didik,  dan  tugas-tugas struktur  yang  berkaitan  dengan  konsep  yang  sedang  dibahas.  Ulangan  harian  minimal  dilakukan  tiga kali  dalam  setiap  semester.  Ulangan  harian ini  terutama  ditujukan  untuk  memperbaiki  program  pembelajaran,  tetapi  tidak  untuk  menutup  kemugkinan  digunakan  utuk  tujuan-tujuan  lai,  misalnya  sebagai  bahan  pertimbangan  dalam  memberikan  nilai  bagi  peserta didik.
b.      Ulangan  umum  semseter  pertama  soalnya  diambil  dari  materi       semester pertama. 
c.       Ulangan  umum  semsetre  kedua  soalnya  diambil  dari materi  semester  pertama  dan  kedua,  dengan  penekanan  dengan  semester kedua.
d.      Tes  Kemampuan  Dasar
           Tes  kemampuan  dasar  dilakukan  untuk  mengetahui  kemampuan  membaca,  menulis,  dan  berhitung  yang  dilakukan  dalam rangka  memperbaiki  program pembelajaran  (program  remedial).  Tes  kemampuan  dasar  dilakkukan  pada  setiap  akhir  tahun  akhir  kelas III.
e.       Penilaian  Akhir  satuan  Pendidikan  dan  Sertifikasi
           Pada  setaiap  akhir  semester  dan  tahun  ajaran  pelajaran  diselanggarakan  kegiatan  penilaian  guna  mendapatkan  gambaran  secara  utuh  dan  menyeluruh  mengenai  ketuntasan  belajar  peserta  didik  dalam  waktu tertentu.  Untuk  keperluan  sertifikasi,  kinerja,  dan  hasil  belajar  yang  dicantumkan  dalam  Surat  Tanda  Tamat  Belajar  tidak  semata-mata  disandarkan  atas  hasil  penilaian  pada  akhir  jenjang  sekolah.
f.       Benchmarking
           Benchmarking  merupakan  suatu  standart  untuk  mengukur  kinerja  yang  sedang  berjalan, proses,  dan  hasil  untuk  mencapai  suatu  keunggulan  yang  memuaskan. Ukuran  keunggulan  dapat  ditentukan  ditingkat  sekolah, daerah,  atau  nasional. Penilaian  dilaksanakan  secara  berkesinambugan  sehingga  peserta  didik  dapat  mencapai  satuan  tahap  keunggulan  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  kemampuan  usaha  dan  keuletan.
           Untuk  mendapat memperoleh  data  dan  informasi  tentang  pencapaian  benchmarking  tertentu  dapat  diadakan  penilaian  secara  nasional  yang  dilaksanakan  pada  akhir  satuan  pendidikan.  Hasil  penilaian  tersebut  dapat  dipakai  untuk  memberikan  peringkat  kelas  dan  tidak   untuk  memberikan  nilai akhir  peserta  didik.  Hal  ini  dimaksudkan  sebagai  salah  satu  dasar  pembinaan  guru  dan kinerja  sekolah.


g.      Penilaian  Program
           Penilaian  progrm  dilakukan  oleh  Departemen  Pendidikan  Nasional        dan  Dinas  Pendidikan  secara  kontinu  dan  berkesinambungan.  Penilaian     program  dilakukan  untuk  mengetahui  kesesuaian  kurikulum  dengan  dasar,              fungsi  dan  tujuan  pendidikan nasional,  serta  keseuaiannya  dengan          tuntutan  perkembangan  masyarakat,  dan  kemajuan  zaman.
7.      Pengembangan  Peserta  Didik
           Pengembangan  peserta  didik  adalah  bagian  dari  kompetensi  paedagogik yang harus dimiliki guru, untuk  mengaktualisasikan berbagai  potensi  yang  dimiliki  peserta  didik.  Pengembangan  peserta         didik  dapat  dilakukan  oleh  guru  memalui  berbagai  cara,  antara   melalui  kegiatan  ekstra  kurikuler,  pengayaan  dan  remedial, serta  bimbingan  dan  konseling.
a.       Kegiatan  Ekstra  Kulikuler
                       Kegiatan  ekstrakulikuler  yang  sering  juga  disebut  eksul              merupakan  kegiatan  tambahan  di  suatu lembaga  pendidikan,  yang   dilaksanakan di  luar  kegiatan  kurikuler.  Kegiatan  ekskul  ini  banyak             ragam  dan  kegiatannya  antara  lain  paduan  suara,  paskibra,  pramuka          olahraga,  kesenian,  panjat  tebung,  pencinta  alam dan  lain-lain.
                       Di samping  mengembangkan bakat  dan  keterampilan,  ekskul        juga  dapat  membentuk  watak  dan  kpribadian  pesrta  didik,  karena               dalam  kegiatan  ini  biasanya  ditanamkan  disipilin,  kebersihan,  cinta       lingkungan,  dan  lain-lain  yang  sangat  erat  kaitannya  dengan                        pembentukan  pribadi  peserta  didik.
b.      Pengayaan  dan Remedial
                 Program  ini  adalah  pelengkap  dan  penjabaran  dari  program mingguan  dan  harian.  Berdasarkan  hasil  analisis  terhadap  kegiatan belajar,  dan  terhadap tugas-tugas,  hasil  tes,  dan  ulangan  dapat   diperoleh  tingkat  kemampuan  belajar  setiap  peserta  didik.
c.       Bimbingan  dan Konseling  Pendidikan
                 Sekolah  berkewajiban  memberikan  bimbingan  dan  konseling  kepada  peserta  didik  yang  menyangkut pribadi,  sosial, belajar,  dan  karier.  Selain  guru  membimbing,  guru  mata  pelajaran  yang  memenuhi  kriteria  membimbing dan karier diperkenankan  memfungsikan  diri  sebagai  guru  pembimbing.  Oleh  karena  itu,  guru  mata  pelajaran  dan  wali  kelas  harus  senantiasa  berdiskusi  dan  berkordinasi  dengan  guru  pembimbng  dan  konseling  secara  rutin  dan  berkesinambungan.
B.     Minat  Belajar  Siswa
1.      Pengertian  Minat
                       Minat  adalah  “suatu  rasa suka  dan  rasa  ketertarikan  pada  suatu            hal  atau  aktivitas,  tanpa  ada  yang  menyuruh.  Minat pada  dasarnya             adalah  penerimaan  akan  suatu  hubungan  antara  diri sendri dengan  suatu       di luar dii.  Semakin  kuat  atau  dekat  hubungan  tersebut,  maka  semakin          besar  minat” (Salameto, 2010:180).
                       Minat  tidak  dibawa  sejak  lahir,  melainkan  diperoleh  kemudian.             Minat  terhadap  sesuatu  dipelajari  dan  mempengaruhi  belajar  selanjutnnya          serta mempengaruhi  penerimaan  minat-minat  baru.  Jadi  minat  terhadap    sesuatu  merupakan  hasil  belajar  dan  menyokong  belajar  selanjutnya.    Walaupun  minat  terhadap sesuatu  hal  tidak  merupakan  hal  yang  hakiki          
           untuk  mempelajari  hal  tersebut,  asumsi  umum  menyatakan  bahwa minat           akan  membantu  seseorang  mempelajarinya.
                       Dan  menurut  Engkoswara  dan  Aan  Komariah, 2010:212) 
           “bahwa  minat  seseorang  bisa  dijadikan  dorongan  untuk  meningkatkan             semangat  kerjanya.  Pengembangan  minat  ini  dapat  diterapkan  pada  orag-           orang  tertentu  yang  memiliki  minat  penuh  dalam  bekerja.  Sehingga       dengan  adanya  pengembangan  minat  benar-benar  dapat  memberikan  motivasi  yang  positif  dalam  bekerja”.

                        Secara  sederhana,  minat  (interest)  berarti  kecenderungan dan      kegairahan  yang  tinggi  atau  keinginan  yang  besar  terhadap  sesuatu.         Menurut  Raber (1988:152), ‘minat  tidak  termasuk  istilah  populer  dalam             pisikologi karena  ketergantungannya yang  banyak pada  faktor-faktor              internal  lainnya  seperti:  pemusatan  perhatian, keingintahuan,  motivasi,  dan  kebutuhan’.
                        Namun  terlepas  dari  populer  dan  tidak  populer,  minat  seperti  yang  dipahami  dan  dipakai  oleh  orang   selama  ini  dapat  mempengaruhi        kualitas  pencapaian  hasil  belajar  siswa  dalam  bidang-bidang  studi  tertentu.  Umpamanya,  seorang  siswa yang  menaruh  minat  besar terhadap              matematika  akan  memusatkan  perhatiannya  lebih  banyak  dari  pada  siswa        lainnya. Kemudian,  karena  pemusatan  perhatiannya  yang  intensif  terhadap         materi  itulah  yang  memungkinkan  siswa  tadi  untuk  belajar  lebih  giat,          dan  akhirnya  mencapai  prestasi  yang  diinginkan.
                        Diatas  sudah  disinggung  oleh  Raber  bahwa  minat  mempunyai faktor-faktor  internal  lainnya  seperti  pemusatan  peratian,  keingintahuan,            motivasi  dan  kebutuhan.
            “Persoalan  motivasi  ini  tergantung   pada  unsur  pengalaman  dan  interest          (minat)”. ( Sardiman, 2012:40).
                        Sebagai  contoh  misalnya  pada  suatu  ketika  seseorang  yang       kebetulan  memiliki  spesialisasi  bidang  sejarah,  kemudian  diajak  temannya     menghadiri  ceramah tentang  matematika  untuk  pembinaan  guru-guru             matematika, jelas  seseorang  tadi  tidak  akan  interest  dan  bahkan  tidak              mendapatkan  pengalaman  yang  berarti. Ini  sebagai  ilustrasi  bahwa         seseorang  tadi  jelas  tidak  dilandasi  dengan  motivasi.  Ia  tidak  mengetahui  apa  yang  dipelajarinya  dan  dipandang  juga  tidak  perlu  meningkatkan    dirinya  sebagai  guru  matematika.  Sehingga  dalam  mengikuti  ceramah  tadi  tidak akan  terjadi  proses  belajar  yang  baik  pada  dirinya.
              Jadi  jelas  bahwa  minat  akan  selalu  berkaitan  dengan  soal  kebutuhan  atau  keinginan.  Oleh  karena  itu  yang  penting  bagaimana  menciptakan  kondisi  tertentu  agar  siswa  itu  selalu  butuj dan  ingin  terus belajar.
                        Mengacu  pada  pendapat  Raber  diatas  minat  mempunyai faktor-            faktor  internal  lainnya  seperti  pemusatan  peratian,  keingintahuan,            motivasi  dan  kebutuhan.
a.       Pemusatan  Perhatian
            “Perhatian  adalah  kegiatan  yang  dilakukan  seseorang  dalam  hubungannya  dengan  pemilihan  rangsangan  yang  datang  dari  lingkungannya”. (Slameto, 2010:105)
            Jika  seseorang  sedang  berjalan  dijalan  besar,  ia sadar  akan  adanya  lalu  lintas  di sekelilingnya,  akan  kendaraan-kendaraan  dan  orang-orang  yang  lewat,  akan  toko-toko  yang  ada  di tepi  jalan.  Dalam  keadaan  ini  kita  tidak  mengatakan  bahwa  ia   memenuhi  perhatian  atau  peratianya  tertarik  akan hal-hal  di  sekelilingnya.  Tetapi  jika kemudian  ia bertemu  dengan  seseorang  yang  dikenalnya dan  kemudian  bercaka-cakap  dengannya,  maka  kita  dapat  mengatakan  bahwa  orang tersebut  berada  dalam  keadaan  sedang  memperhatikan,,  yaitu  ia  mengarahkan  indra  atau  sistem  apresiasinya  utuk menerima  informasi  tentang  sesuatu,  dalam  hal  ini  tentang  orang  yang  dikenalnya itu,  dalam tingkat  y ang  lebih  terperinci. Menurut  (Slameto, 2010:105):
 “Tingkat  yang  lebih  tinggi  dalam  menruh  perhatian  adalah  menaruh  minat, jika  sudah  berminat  orang  tidak  lagi  hanya  bersedia  untuk  mendengarkan  sesuatu, tetapi  ia  juga  bersedia  untuk  memberi  tanggapan mengenai apa  yang  telah  didengarnya”.

              Berikut  ini  beberapa  perinsip  penting  yang  berkaitan  dengan  perhatian:
1.      Perhatian  seseorang  tertuju  atau  diarahkan  pada  hal-hal  yang  baru
2.      Perhatian  seseorang  akan  tertuu  dan  tetap  berada  dan  diarahkan  atau       tertuju  pada  hal-hal  yang  dianggap  rumit, selama  kerumitan  tersebut         tidak  melampaui  batas kemampua  orang   tersebut.
3.      Orang  mengerahkan  perhatiannya  pada  hal-hal  yang  yang    dikehendakinya, yaitu  hal-hal  yang  sesuai  dengan  minat,  pengalaman  dan  kebutuhannya.
                  Menurut (Sadirman A.M,  2012:45):  “perhatian,  maksudnya    adalah  pemusatan energi pisikis  yang  tertentu  kepada  suatu  objek  pelajaran  atau  dapat  dikatakan  sebagai  banyak  sedikitnya  kesadaran              yang  menyertai  a       ktivitas  belajar”.
                        Sedangkan  menurut  (Gazali, 2010:56) ‘ perhatian  adalah  keaktifan                      jiwa  yang  dipertinggi,  jiwa  itu  pun  semata-mata  tertuju  kepada                               sesuatu            objek  (benda/hal)  atau seklipun  objek’.
b.   Keingintahuan
            Keingintahuan  atau  rasa   ingin  tahu  adalah  suatu  emosi  yang  berkaitan  dengan  perilaku  ingin tahu  seperti  eksplorasi, investigasi,  dan  belajar  terbukti  dengan  pengamatan  pada  species  hewan,  manusia  dan  masih  banyak  lainnya. Istilah  ini juga  dapat  digunakan  untuk menunjukan  perilaku  itu  disebabkan  rasa ingin  tahu  itu. Seperti  emosi rasa ingin  tahu  merupakan  dorongan  untuk  tahu  hal-hal  baru,  rasa  ingin  tahu  adalah  kekuatan  pendorong utama  dibali  utama  di  balik  penelitian  ilmiah  dan  disiplin  ilmu  lain  dari  studi  manusia (http://ismail madhe.2013. bloogspot.com).
c.       Motivasi
            Banyak  sekali,  bahkan  sudah  umum  orang  menyebut  dengan  “motif”  untuk  menunjuk  mengapa  seseorang  itu  berbuat  sesuatu. 
            Kata  motif,  diartkan  sebagai daya  upaya  yang  mendorong  seseorang  untuk  melakukan  sesuatu.  Motif  dikatakan  sebagai  daya  penggerak  dari  dalam  dan  di  dalam  subjek  untuk  melakukan  aktivitas-aktivitas  tertentu  demi  mencapai  suatu  tujuan. Bahkan  motif dikatakan  sebagai  suatu  kondisi  interen.  Berawal  dari  kata  motif  itu,  maka  motivasi  dapat  diartikan  sebagai  daya  penggerak  yang  telah  menjadi  aktif.
            Motivasi  juga  dikatakan  serangkaian  usaha  untuk  menyediakan  kondisi-kondisi  tertentu,  sehingga  seseorang  mau  dan  ingin  melakukan  sesuatu,  dan  apabila  ia  tidak  suka,  maka  akan  berusaha  untuk  meniadakan  atau  melakukan  perasaan  tidak  suka  itu.  Jadi  motivasi  itu  dapat  dirangsang  oleh  faktor  dari  luar  tetapi  motivasi  tumbuh  di  dalam  diri  seseorang.
            Seseorang  siswa  yang  mempunyai  intelegensi  cukup  tinggi,  oleh  jadi  gagal  karena  kekurangan  motivasi. Hasil  belajar  akan  optimal  kalau  ada  motivasi  yang  tepat.  Bergayut  dengan  ini maka  kegagalan  belajar  siswa  jangan  begitu  saja  mempersalhkan  siswa,  sebab  mungkin  saja  guru  tidak   berhasil  dalam  memberi  motivasi  yang  mampu  membangkitkan  semangat  dan  kegiatan  siswa  untuk  berbuat  atau belajar.  Jadi tugas  guru  bagaimana  mendorong  para  siswa  agar  pada  dirinya  tumbuh  motivas.
            Persoalan  motivaasi  ini,  dapat  juga  dikaitkan  dengan  persoalan  minat.  Minat  diartikan  sebagai  suatu  kondisi  yang  terjadi  apabila  seseorang  melihat  ciri-ciri  atau  arti  sementara  yang  dihubungkan  dengan  keinginan-keinginan  atau  kebutuhan-kebutuhannya  sendiri. Oleh  karena  itu,  apa  yang  dilihat  seseorang  sudah  tentu  akan  membangkitkan  minatnya  sejauh  apa  yang  diilihat  itu  mempunyai  hubungan  dengan  kepentingannya  sendiri.  Hal  ini  menunjukan bahwa  minat  merupakan  kecenderungan  jiwa  seseorang  kepada  seseorang (biasanya  disertai  dengan  perasaan  senang),  karena  itu  merasa  ada  kepentingan  dengan  sesuatu  itu (Sardiman, 2012:76).
d.      Kebutuhan
            Seperti  yang  sudah  dijelaskan  diatas  bahwa  seseorang  yang  melakukan  aktiviatas itu  didorong  oleh  faktor-faktor  kebutuhan  biologis,  insting,  unsur-unsur  kejiwaan  yang  lain  yang  disertai  adanya  penaruh  perkembangan  manusia.  Sebenarnya semua  faktor-faktor  itu  tidak  dapat  dipisahkan  dari  soal  kebutuhan,  kebutuhan  dalam  arti  luas,  baik  kebutuhan  yang  bersifat  biologis  maupun   pisikologis.
            Pemenuhan  kebutuhan  siswa, disamping  bertujuan  untuk  memberikan  materi  kegiatan  setepat mungkin,  juga  materi  pelajaran  yang  sudah  disesuaikan  dengan  kebutuhan,  biasanya  menjadi  lebih  menarik.  Dengan  demikian  akan  membantu  pelaksanaan  proses  belajar-mengajar.  Adapun  yang  menjadi  kebutuhan  siswa  antara  lain  dapat disebtkan  dibawah  ini  (Sardiman, 2012:113).
1.  Kebutuhan  Jasmaniah
                        Hal  ini   berkaitan  dengan  tuntutan  siswa   yang  bersifat              jasmaniah,  entah  yang  menyangkut  kesehata  jasmaniah yang  dalam             hal  ini olahraga  menjadi  materi  utama.  Disamping  itu  kebutuhan-     kebutuhan  lain  seperti  makan,  minum,  tidur,  pakaian  dan              sebagainya,  perlu  mendapat  perhatian.
     2.  Kebutuhan  Sosial
                        Pemenuhan  keinginan  untuk  saling  bergaul  dengan  siswa           dan  guru  serta  orang  lain,  merupakan  salah  satu  upaya  untuk      memenuhi  kebutuhan  sosial  anak  didik atau siswa. Dalam  hal  ini              sekolah  harus  dipandang  sebagai  sebagai  lembaga  temap  siswa              belajar,  bergaul  dan  beradaptasi  dengan  lingkungan,  seperti        misalnya  bergaul  sesama  teman  yang  berbeda  lawan  jenis,  suku       bangsa,  agama,  stautus  sosial  dan  kecakapan. Guru  dalam  hal  ini              harus  dapat  menciptakan  suasana  kerja  sama  antar  siswa  dengan              suatu  harapan  akan  dapat  melahirkan  suatu  pengalaman  belajar             yang  lebih  baik.
     3.  Kebutuhan  Intelektual
                        Setiap  siswa  tidak  sama  dalam  hal  minat  untuk              mempelajari  suatu  ilmu  pengetahuan.  Mungkin  ada  yang  lebih       berminat  belajar  ekonomi,  sejarah,  biologi  atau  yang  lain-lain.          Minat  semacam  ini  tidak  bisa  dipaksakan,  kalau  ingin  mencapai           hasil  belajar  optimal.  Oleh  karena  itu,  yang  penting,  bagaimana         guru  dapat  menciftakan program  yang  dapat  menyalurkan  minat        masing-masing.
2.      Pengertian  Belajar
                 Sebagian  orang  beranggapan  bahwa  belajar  adalah  semata-mata  mengumpulkan  atau  menghafalkan  fakta-fakta  yang  terjadi dalam  bentuk  informasi  atau  materi  pelajaran.     
                 Menurut  Gagne  (984:2) ‘belajar  dapat  didefinisikan  sebagai suatu  proses  dimana  suatu  organisasi  berubah  perilakunnya  sebagai  akibat  pengalaman’.
                 Crow  and  Crow (1958:12) ‘belajar  merupakan  diperolehnya  kebiasaaan-kebiasaan, pengetahuan dan  sikap  baru’.
                 Hal  yang  senada  juga  diungkapkan  oleh  Leo  Sutrisno (1994:13)

‘mendefinisikan  belajar  adalah  suatu proses  aktif  menyusun makna  melalui  setiap  interaksi  dengan  lingkungan,  dengan  membangun  hubungan  antara  konsepsi  yang  telah  dimiliki  dengan  penomena  yang  telah  dipelajari’


Tidak ada komentar:

Posting Komentar